LOADING
03/04/20
5 Tips Sederhana untuk Berolahraga di Rumah
Jurnal sebelumnyaJurnal Berikutnya
Herbamojo

Menghabiskan waktu di rumah bukan berarti anda harus selalu merasa bosan. Dengan merencanakan beberapa kegiatan produktif, seperti berolahraga, anda dapat mengusir rasa bosan sekaligus menjaga kesehatan. Tentunya, ada beberapa hal yang dapat anda atur sebelum berolahraga di rumah agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai harapan. Dalam jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melakukan olahraga efektif di rumah.

  1. Sediakan tempat khusus untuk berolahraga Anda bisa menggunakan sudut ruangan di kamar maupun space lainnya di rumah untuk berolahraga. Dengan demikian, olahraga yoga maupun angkat beban dapat anda lakukan secara bebas tanpa terhalang benda-benda di dalam ruangan. Pastikan untuk memilih space yang cukup luas agar anda dapat leluasa merentangkan lengan maupun melakukan stretching. Selain itu, perlengkapan olahraga juga dapat anda simpan di tempat tersebut untuk menghindari tercecer maupun kehilangan.
  2. Cari referensi video olahraga online Melalui situs video online, rangkaian olahraga yang dapat anda lakukan di rumah tentunya beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Oleh karena itu, anda tidak akan cepat bosan melakukan olahraga karena jenisnya dapat anda variasikan setiap hari. Selain itu, melakukan olahraga yang berbeda-beda juga dapat melatih setiap bagian tubuh dan menyesuaikan pada tingkatan olahraga yang anda inginkan, mulai dari pemula hingga advanced.
  3. Gunakan alat olahraga bila perlu Terkadang, olahraga yang dilakukan di rumah juga memerlukan alat-alat pendukung, tergantung jenis olahraga yang anda lakukan. Anda bisa menggunakan alat-alat yang sudah dimiliki, seperti treadmill maupun sepeda statis. Meski begitu, anda tidak perlu membeli alat-alat tersebut apabila belum memilikinya. Masih banyak jenis olahraga yang anda lakukan tanpa alat. Jika memerlukan alat, anda dapat memilih untuk membeli alat sederhana seperti gym ball, atau alat untuk muscle training seperti dumbbell. Selain itu, resistance band dan jump rope juga dapat menjadi alternatif pilihan agar anda dapat melakukan variasi olahraga yang lebih banyak lagi.
  4. Tetap fokus saat berolahraga Ketika anda belum terbiasa beraktifitas di rumah, terkadang banyak gangguan yang perlu diatasi. Misalnya saja televisi, panggilan telepon, notifikasi HP, binatang peliharaan, hingga anggota keluarga dapat mengganggu fokus anda berolahraga. Oleh karena itu, penting untuk meminimalisir distraksi saat anda hendak berolahraga. Misalnya saja, memberi tahu anggota keluarga sebelum berolahraga, hingga mematikan notifikasi pada ponsel anda.
  5. Hindari melakukan olahraga berat Meskipun kebiasaan baru selama berada di rumah cenderung membuat pergerakan anda berkurang dan berat badan mungkin bertambah, hindari memaksakan diri untuk berolahraga terus-menerus. Hal ini tidak hanya dapat membuat anda kelelahan, tetapi juga malah menjadi tidak bersemangat untuk berolahraga pada hari-hari berikutnya. Mulailah dengan olahraga ringan selama 15-45 menit setiap harinya, kemudian menambah durasi olahraga sesuai kapasitas fisik anda. Setelah itu, anda dapat juga menetapkan gol yang mungkin untuk dicapai setiap minggunya. Melalui rutinitas ini, anda dapat bertahan untuk melakukan olahraga setiap harinya dan lebih termotivasi ketika hasilnya telah