LOADING
18/09/19
7 Tips untuk Menangani Stress di Dunia Kerja
Jurnal sebelumnyaJurnal Berikutnya
Herbamojo

Stress dalam kadar normal sebenarnya berguna untuk memacu diri agar lebih produktif dan lebih fokus terhadap pekerjaan. Namun, stress berlebihan yang berlangsung dalam jangka waktu berkelanjutan dapat mengganggu kesehatan anda dan memicu berbagai penyakit, seperti sakit kepala, insomnia, hingga kegelisahan dan penyakit autoimun. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi stress hingga ke akarnya agar anda terhindar dari masalah tersebut. Pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi stress yang anda hadapi di dunia kerja.

  1. Peroleh tidur yang cukup Banyak manfaat yang dapat anda peroleh dengan tidur cukup, termasuk membuat anda lebih segar dan meningkatkan konsentrasi. Dengan daya pikir yang tidak terganggu akibat kurang tidur, anda dapat menangani emosi dan tekanan dengan baik, sehingga mengurangi resiko stress. Untuk mendapatkan tidur cukup, anda sebaiknya menghentikan penggunaan gadget setidaknya 30 menit sebelum tidur dan pergi tidur pada waktu yang sama setiap harinya. Kebiasaan ini membantu tubuh agar dapat bangun dalam waktu yang sama setiap pagi dan anda akan merasa lebih fresh. Tidur setidaknya 8 jam sehari dapat membantu tingkat produktivitas anda saat bekerja.
  2. Organisasi waktu Kebiasaan menunda merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dilalui oleh setiap orang. Namun, menunda pekerjaan juga dapat meningkatkan tingkat stress anda. Oleh karena itu, merencanakan serta mengatur rutinitas anda sehari-hari dapat membantu produktivitas anda dan mengatasi stress. Misalnya, menulis kegiatan sehari-hari dalam sebuah daily planner dapat membantu anda memonitor waktu yang anda gunakan untuk mengerjakan sesuatu dan membuat waktu anda lebih terorganisir. Dengan begitu, anda dapat mengerjakan lebih banyak hal seefektif mungkin, tanpa harus mengalami stress yang berlebih.
  3. Atur beban pekerjaan anda Selain mengatur waktu, anda juga harus memprioritaskan pekerjaan anda dan mengkategorikannya. Dengan begitu, anda dapat mengetahui kegiatan mana yang harus dikerjakan saat itu, dan kegiatan mana yang dapat ditunda. Dengan begitu, anda dapat terhindar dari kepanikan karena pekerjaan yang menumpuk. Selain itu, multitasking atau mengerjakan berbagai kegiatan dalam waktu bersamaan bukanlah cara yang efektif untuk bekerja. Otak manusia tidak dirancang untuk mengerjakan berbagai pekerjaan dalam waktu bersamaan. Alih-alih meningkatkan produktivitas, multitasking hanya akan mengganggu konsentrasi anda dan membuat hasil pekerjaan anda tidak maksimal.
  4. Aturlah target serealistis mungkin Target merupakan sebuah hal yang penting untuk mendapatkan hal yang anda inginkan dan mencapai sesuatu yang hebat. Meski begitu, anda tidak semestinya menjadi seseorang yang perfeksionis, karena hal ini dapat membuat anda stress. Menerima keadaan yang terkadang kurang ideal dalam pekerjaan adalah sebuah hal yang penting untuk dilakukan. Bekerjalah semaksimal mungkin dan berikan diri anda reward setelah melakukannya.
  5. Berkomunikasi secara efektif Keterlibatan pihak lain dalam pekerjaan tentunya menjadi sebuah hal yang umum. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu anda mengatasi hal-hal yang terjadi di kantor. Meningkatkan teamwork, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, serta terhindar dari konflik internal andalah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dengan mempraktekkan komunikasi efektif. Dengan mengkomunikasikan kebutuhan anda serta mendengarkan aspirasi atasan maupun sesama pekerja, anda dapat mengurangi stress yang terkait dengan pekerjaan dan memiliki performa kerja yang baik.
  6. Mengistirahatkan pikiran Ada kalanya anda akan merasa bosan saat bekerja. Ini merupakan sebuah tanda bahwa anda harus beristirahat dan melakukan hal-hal yang anda senangi. Di tempat kerja, anda dapat berjalan-jalan sejenak saat makan siang, maupun berolahraga sebelum ataupun sesudah bekerja. Gaya hidup aktif dapat membantu anda mencegah stress, memperbaiki mood, sekaligus membentuk tubuh anda.
  7. Menjaga kenyamanan dan kebersihan tempat kerja Terakhir, memiliki tempat kerja yang nyaman dan bersih juga mempengaruhi performa dan tingkat stress anda. Pastikan untuk membersihkan meja kerja anda secara rutin dan hindari penumpukan barang atau dokumen yang dapat mengganggu penglihatan anda.