LOADING
27/12/19
5 Alasan Mengapa Liburan Baik Untuk Kesehatan Anda
Jurnal sebelumnyaJurnal Berikutnya
Herbamojo

Seiring berakhirnya tahun ini, banyak dari kita yang mengambil waktu untuk cuti untuk sekedar dihabiskan bersama keluarga dan orang-orang terdekat, maupun untuk pergi berwisata. Lebih dari hanya sekedar mengambil foto pemandangan cantik ataupun mencoba makanan-makanan baru, liburan sebetulnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan raga dan batin anda. Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari liburan.

  1. Mempertajam pemikiran anda Berwisata mengharuskan anda familiar terhadap bahasa baru, rutinitas baru, lingkungan baru, moda transportasi baru, serta cara untuk sampai dari titik satu ke titik lainnya. Hal ini dapat membuat kebiasaan anda berubah dan memaksa anda untuk mengambil keputusan terukur secara cepat. Meskipun anda dituntut untuk berpikir cepat pada suasana yang tak menentu, melalui hal-hal inilah anda justru dapat menemukan kemampuan tersembunyi yang sebelumnya tak anda sadari. Latihan ini tentunya dapat membuat anda tetap tajam secara pikiran dan bahkan anda dapat membawa pulang kemampuan ini untuk diterapkan dalam kehidupan anda sehari-hari.
  2. Mengurangi tingkat stress Salah satu alasan mengapa orang-orang disarankan untuk pergi berlibur adalah untuk mengurangi stress yang menumpuk akibat pekerjaan maupun rutinitas kehidupan. Pergi liburan biasanya menjadi pilihan utama, akan tetapi apabila anda merupakan salah satu individu yang jarang merubah kebiasaan maupun sering berada di zona nyaman, maka tantangan yang anda hadapi saat liburan tentunya dapat memiliki efek yang baik pada kesehatan mental anda.
  3. Membuat anda tetap fit Ketika pergi berlibur, anda tentunya dipaksa untuk beraktifitas lebih banyak ketimbang ketika berada di rumah. Misalnya, apabila anda tidak biasa berjalan banyak di kota anda, pergilah ke destinasi dimana anda dapat menikmati suasana dengan berjalan kaki. Dengan begitu, anda dapat lebih banyak bergerak sekaligus menikmati suasana baru di tempat berlibur. Selain itu, riset telah menunjukkan bahwa orang-orang yang sering pergi berlibur biasanya memiliki tingkat stress yang lebih rendah dan tidak mudah gelisah. Oleh karena itu, mereka memiliki resiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah dibanding orang yang jarang berlibur.
  4. Membuka wawasan anda Saat pergi liburan, anda pasti menemukan hal-hal baru untuk dilakukan, orang-orang baru untuk ditemukan, serta pengalaman-pengalaman baru untuk dialami. Meskipun anda pergi ke destinasi yang sama lebih dari sekali, tentunya pengalaman yang anda dapatkan akan berbeda dari yang pertama. Hal ini membantu anda untuk memperluas wawasan anda dan mendapatkan perspektif yang berbeda-beda dalam kehidupan. Ketika anda lebih kaya secara budaya, pengalaman baru dapat mempertajam daya pikir anda dan meningkatkan fleksibilitas secara kognitif. Riset telah menunjukkan bahwa adanya koneksi antara berwisata dengan kemampuan kreatif, kekayaan budaya, serta pertumbuhan pribadi. Dibandingkan dengan melihat informasi dari TV atau membaca buku, melihat dan mengalami langsung sebuah pengalaman di luar negara dapat membantu anda mendapatkan sudut pandang yang unik dan tidak bias. Hal ini tentunya dapat membut anda menjadi seseorang yang lebih terbuka secara pikiran dan lebih stabil secara emosional. Selain itu, terekspos pada budaya yang berbeda-beda juga dapat membuat anda memiliki cara pandang yang sehat ketika anda kembali ke tempat asal, serta membuat anda lebih bersyukur dan mawas diri terhadap hal-halyang anda miliki.
  5. Menyegarkan pikiran anda Keluar sejenak dari rutinitas dan menyisihkan waktu untuk berlibur dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengurangi rasa stress dan memberikan hidup anda sebuah kesenangan. Apabila dilakukan dengan tepat, liburan dapat memberikan manfaat sekembalinya anda dari perjalanan, misalnya dengan energi yang terbarukan dan pikiran yang lebih segar untuk menghadapi tantangan pada pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Investasikanlah waktu anda untuk melakukan perjalanan wisata, sebab hal tersebut dapat membantu anda untuk meningkatkan produktivitas dan membangun pribadi yang lebih baik.