LOADING
03/01/20
Pentingnya Goal Setting dalam Menjalani Kehidupan
Jurnal sebelumnyaJurnal Berikutnya
Herbamojo

2020 merupakan sebuah tahun yang istimewa, karena tak hanya sebuah tahun yang baru, namun kita juga memasuki sebuah dekade baru. Sudah menjadi sebuah tradisi bagi kebanyakan orang untuk menuliskan resolusi dan gol-gol baru mereka untuk dilakukan pada tahun yang baru. Namun, sadarkah anda bila gol tersebut tidak hanya baik untuk dilakukan setiap tahun baru, melainkan juga untuk menjadi navigasi kehidupan anda? Pada jurnal minggu ini, kami akan menjelaskan beberapa hal yang menjadi alasan pentingnya goal setting bagi kehidupan anda.

  1. Memberikan gambaran terhadap kehidupan yang ingin anda jalani

    Goal setting membuat anda berpikir untuk mengetahui tujuan anda dalam menjalani kehidupan dan mengambil langkah konkret untuk mencapai tujuan tersebut. Hidup tanpa tujuan tentu saja akan melelahkan dan membuat anda mudah kehilangan arah. Oleh karena itu, menetapkan sebuah tujuan dapat menjadi dasar utama anda melakukan perubahan. Anda bisa memulai goal setting dengan memilah prioritas di kehidupan anda. Pikirkan sebuah tujuan realistis yang ingin anda lakukan, dan pertimbangkan apakah anda akan mampu untuk mencapainya. Dengan melakukan pertimbangan ini, anda dapat mengambil keputusan apakah hal ini tepat untuk dilakukan dan anda dapat memulai langkah konkret setelahnya.

  2. Mempengaruhi arah kehidupan dan pengambilan keputusan Goal setting juga dapat membantu anda mendapatkan arahan dalam kehidupan. Apabila anda memiliki sebuah tujuan yang jelas di kepala, hal tersebut dapat membuat pengambilan keputusan menjadi lebih mudah. Misalnya, ketika suatu hal tidak sejalan dengan tujuan anda, maka anda akan langsung mengetahui dan dapat mengambil keputusan bahwa anda tidak harus memprioritaskan hal tersebut karena tidak akan memberikan nilai tambah ataupun mendekatkan anda kepada tujuan utama.
  3. Mempertanggungjawabkan komitmen anda dengan memantau perkembangan Goal setting juga dapat menjadi lahan akuntabilitas anda terhadap perkembangan anda terkait tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal ini, penting untuk memiliki tujuan yang spesifik dan jelas sehingga lebih efektif dan pencapaiannya dapat diukur. Ketika anda memiliki keinginan untuk mencapai sesuatu, selayaknya anda juga melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menggapainya. Apabila anda terus-menerus gagal untuk mendapatkannya, saatnya untuk mengevaluasi apakah anda telah melakukan usaha yang cukup, ada usaha-usaha yang seharusnya dapat diperbaiki, ataupun tujuan anda cukup wajar untuk direalisasikan.
  4. Membuat anda lebih termotivasi untuk menjalani kehidupan Menetapkan tujuan juga dapat menunjukkan komitmen anda untuk mencapainya. Sebagai contoh, hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi dan mental block yang mungkin saja dapat ditemukan dalam perjalanan dapat disisihkan apabila anda fokus terhadap tujuan utama. Selain itu, aksi yang anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut juga dapat menjadi motivasi apabila anda mendapatkan pencapaian-pencapaian kecil seiring usaha mendapatkan tujuan utama. Ketika hal ini terus-menerus dilakukan, maka anda juga akan semakin termotivasi untuk menetapkan tujuan selanjutnya dan berusaha mencapainya.
  5. Memberikan anda sebuah pencapaian dan membangun kepercayaan diri Menetapkan tujuan yang tepat guna juga dapat meningkatkan kesuksesan anda mencapainya. Sebagai contoh, menetapkan tujuan dalam skala kecil memperbesar kesempatan anda untuk mencapainya. Pencapaian tersebut kemudian dapat membangun kepercayaan diri anda dan menjadi acuan untuk terus maju. Goal setting dapat membantu anda mencapai potensi diri yang maksimal serta mengoptimalkan talenta-talenta yang telah diberikan. Bagi sebagian orang, keluar dari zona nyaman mungkin merupakan sebuah hambatan yang berarti, namun apabila anda dapat mengalahkan tantangan tersebut, kepuasan yang akan didapatkan tentunya membuat anda lebih berani dan percaya diri dalam menghadapi tantangan dan tujuan yang lebih besar dalam kehidupan.