LOADING
29/11/19
5 Manfaat Jahe Merah bagi Kesehatan
Jurnal sebelumnyaJurnal Berikutnya
Herbamojo

Jahe merupakan salah satu tumbuhan herbal alami yang seringkali digunakan untuk memelihara kesehatan pencernaan. Akan tetapi, lebih dari itu sebenarnya jahe merah memiliki khasiat lain yang belum banyak diketahui, termasuk membantu menjaga vitalitas pria. Oleh karena itu, pada jurnal minggu ini kami akan membahas beberapa manfaat dari jahe merah bagi kesehatan anda.

  1. Mencegah masalah pencernaan Rasa hangat yang didapatkan setelah mengonsumi jahe tentunya dapat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, termasuk melindungi dari flu dan pilek, serta memberikan rasa nyaman pada pencernaan. Ternyata, kegunaan jahe merah lebih dari sekedar memberi rasa hangat. Ekstrak jahe merah diketahui dapat memelihara sistem pencernaan dan melindungi dari masalah pencernaan. Selain itu, kandungan antibakterial yang terdapat pada jahe merah juga dapat membantu melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.
  2. Mengurangi nyeri otot dan sendi Unsur hangat yang diperoleh dari jahe merah juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri akibat peradangan. Riset telah menunjukkan bahwa ekstrak jahe merah dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis, seperti nyeri otot, dan efeknya lebih manjur dibandingkan dengan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID). Komponen aktif yang terkandung dalam jahe merah, seperti gingerol, gingerdione, zingeron, dan oleoresin dapat membantu melawan peradangan dan inflamasi yang terjadi dalam tubuh, seperti nyeri otot dan sendi.
  3. Menurunkan asam urat Asam urat merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika asam urat mengalami penumpukkan di persendian, sehingga menyebabkan peradangan dan timbulah nyeri. Kandungan anti-inflamasi pada jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Alhasil, tingkat asam urat yang semulanya tinggi bisa berangsur-angsur menurun ke dalam tahap yang normal.
  4. Meningkatkan kesuburan pria Kegunaan jahe merah sebagai afrodisiak mungkin belum banyak diketahui. Namun, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe merah secara teratur dapat membantu mengatasi gangguan seksual pria. Meski mungkin pengaruhnya lebih kecil dibandingkan dengan tanaman herba afrodisiak lainnya, jahe merah mampu meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kemampuan ereksi pria. Selain itu, kandungan antioksidan dan aktivitas androgenik pada jahe merah juga dapat meningkatkan produksi hormon testosteron sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.
  5. Memperkuat kekebalan tubuh Apabila dikonsumsi secara teratur, kandungan anti-inflamasi dan antioksidan pada jahe merah juga dapat membantu mengurangi bakteri jahat dalam tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, mengonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi juga dapat membantu mencegah potensi pertumbuhan sel kanker.