LOADING
17/01/20
Kebiasaan Sehat yang Dapat Dilakukan untuk Mengurangi Penyebaran Virus
Jurnal sebelumnyaJurnal Berikutnya
Herbamojo

Pemberitaan terkait virus flu baru, yakni Covid-19, yang menjadi pandemi di seluruh dunia tengah menjadi sorotan. Meski begitu, anda tidak harus panik dalam menghadapi hal ini, karena ada banyak langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Langkah mudah seperti rutin mencuci tangan dan minum air yang cukup dapat membantu anda tetap bugar dan mengurangi resiko jatuh sakit. Pada jurnal minggu ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk melindungi diri dari paparan virus.

  1. Hindari berbagi alat makan maupun minuman dengan orang yang sedang sakit Meski tidak mudah untuk mengurangi interaksi dengan orang yang sedang sakit, anda dapat menghindari paparan virus dengan tidak berbagi alat makan, seperti sendok, garpu, sedotan, maupun gelas minuman dengan penderita flu. Hal ini dilakukan karena kontak yang dekat dengan mulut dapat meningkatkan potensi penyebaran virus.
  2. Bersihkan tangan anda Tangan merupakan medium yang berpotensi besar dalam penyebaran virus dan bakteri. Banyak hal yang dilakukan menggunakan tangan, mulai dari menghitung uang, bersalaman, hingga makan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan tangan sangatlah penting dalam usaha menjaga kesehatan. Cucilah tangan secara benar dengan menggunakan sabun dan menggosoknya secara menyeluruh sebelum dibilas. Apabila mencuci tangan sulit untuk dilakukan ketika anda bepergian, ada baiknya untuk membawa tissue basah ataupun hand sanitizer untuk mengurangi paparan kuman pada tangan anda. Selain itu, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut secara berlebihan karena dapat menjadi tempat masuk bakteri dan virus ke dalam tubuh.
  3. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi Konsumsi makanan sehat merupakan sebuah keharusan apabila anda tengah berupaya untuk menjaga kesehatan. Hal ini disebabkan karena makanan yang anda konsumsi menjadi bahan utama untuk membangun daya tahan tubuh. Riset telah menunjukkan bahwa 70 persen tingkat imunitas dalam tubuh tergantung pada kesehatan pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan fermentasi yang kaya probiotik tidak hanya menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri jahat dalam sistem pencernaan, namun juga dapat membantu meningkatkan imunitas. Hindari konsumsi makanan olahan karena banyak mengandung gula, garam dan minyak. Gantilah kebiasaan tersebut dengan konsumsi sayur dan buah-buahan setiap hari, serta protein dan karbohidrat kompleks agar dapat menyokong kegiatan anda sehari-hari sekaligus menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima.
  4. Peroleh tidur yang cukup Tidur cukup menjadi salah satu faktor penting dalam usaha menjaga daya tahan tubuh. Sel-sel tubuh diperbaiki dan diperbaharui ketika tidur, oleh karena itu, kurang tidur dapat membuat anda lebih rentan terhadap inflamasi dan penyakit yang hendak menyerang. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan produksi hormon stress, seperti kortisol. Apabila tubuh dilanda stress, penurunan daya tahan tubuh dapat anda alami sehingga serangan bakteri dan virus dapat membuat anda sakit. Oleh karena itu, usahakan untuk tidur 7 hingga 9 jam setiap harinya untuk menjaga imunitas, mendukung kesehatan otak, jantung, dan metabolisme tubuh.
  5. Berolahraga secara rutin Olahraga merupakan salah satu kebiasaan sehat yang seringkali dianjurkan untuk memelihara kesehatan kardiovaskuler. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan imunitas dan menjaga kelancaran metabolisme tubuh, terutama sirkulasi limfatik yang berperan untuk membuang toksin dari dalam tubuh. Selain itu, olahraga teratur juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan untuk memerangi penyakit. Apabila anda berolahraga di luar ruangan, kebiasaan ini tentunya jauh lebih baik karena anda terpapar sinar matahari yang merupakan sumber utama vitamin D dan dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri.