LOADING
06/03/20
Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah
Jurnal sebelumnyaJurnal Berikutnya
Herbamojo

Bagi beberapa orang, bekerja dari rumah merupakan sebuah kelebihan yang memampukan mereka untuk bekerja dari mana saja. Meski begitu, akibat pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang menuntut karyawannya agar bekerja dari rumah. Sebetulnya, banyak perbedaan antara bekerja di kantor dan di rumah yang dapat menghambat produktivitas, misalnya hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi ataupun manajemen waktu yang kurang tepat. Oleh karena itu, pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk tetap fokus pada pekerjaan, sekaligus meningkatkan produktivitas saat bekerja di rumah.

  1. Atur jadwal anda dan buat skala prioritas Perhatian anda sangat mudah terdistraksi saat anda bekerja di rumah. Hal ini disebabkan karena kebebasan waktu yang dimiliki, seringkali tidak diatur secara tepat. Waktu produktif dan waktu dimana anda merasa ingin beristirahat seringkali menjadi tercampur aduk. Oleh karena itu, usahakan untuk membuat jadwal harian, seperti saat anda bekerja di kantor. Hal ini dilakukan agar workflow anda tetap konstan dan efisiensi pekerjaan dimaksimalkan untuk mencapai deadline. Dengan membuat ceklis atau to-do list harian, anda juga dapat mengetahui kapan harus menunda pekerjaan hingga keesokan harinya dan mencegah overworking.
  2. Siapkan ruang kerja yang terpisah dari ruang istirahat Poin ini dapat membantu anda meningkatkan produktivitas, karena tempat khusus yang anda sediakan untuk melakukan pekerjaan dapat membuat pikiran anda terkondisi untuk membedakan wilayah profesional dan wilayah personal. Jika memungkinkan, hindari bekerja di sofa maupun tempat tidur. Sebagai contoh, set-up yang nyaman namun sederhana dapat menjadi pilihan. Misalnya meja rapi, kursi nyaman, laptop yang bekerja dengan baik, koneksi internet stabil, serta hard disk eksternal untuk menyimpan backup pekerjaan anda. Apabila anda harus melakukan video call, siapkan juga kamera dan mikrofon yang mumpuni agar video call tidak terhambat. Jagalah kondisi tempat kerja anda tetap bersih, khususnya meja, agar barang tidak menumpuk dan membuat konsentrasi anda terganggu.
  3. Hindari gangguan Bekerja dari rumah memampukan anda memiliki fleksibilitas dalam bekerja. Meski begitu, anda tetap harus mengikuti jadwal yang telah anda buat pada poin pertama agar dapat menyelesaikan pekerjaan secara efektif. Salah satu langkah yang dapat anda lakukan antara lain menjauhkan diri dari gangguan, seperti televisi maupun telepon genggam. Oleh karena itu, belajarlah untuk mengenali momen dimana anda cenderung merasa bosan dan ingin melakukan hal lain. Sebagai contoh, apabila anda harus melakukan hal-hal seperti berbelanja bahan makanan ataupun mengambil sesuatu di luar rumah, atur hal tersebut mengikuti jadwal yang ada, misalnya sebelum ataupun sesudah anda selesai bekerja.
  4. Bersiap-siap setiap pagi layaknya akan berangkat ke kantor Tips ini dapat berguna bagi mereka yang masih sulit membedakan antara kondisi profesional dan personal saat melakukan pekerjaan dari rumah. Bersiaplah selayaknya anda akan pergi ke kantor, bahkan anda juga dapat menggunakan pakaian kantor apabila harus mengadakan meeting secara online/virtual. Tentunya peraturan pakaian tidak akan seketat di kantor, namun hal ini dapat membantu mengkondisikan pikiran anda agar tetap produktif. Selain itu, menyusun waktu anda sehari-hari layaknya di kantor juga dapat membantu anda tetap fokus dalam pekerjaan. Jangan bangun terlalu siang karena hal ini dapat memicu rasa malas yang membuat anda cenderung menunda pekerjaan. Mulailah hari tepat waktu dan jalani hari seperti sedang berada di kantor.
  5. Atur waktu anda secara bijak Apabila belum terbiasa, bekerja di rumah terkadang membingungkan khalayak ramai akan kehidupan profesional dan pribadi. Bagi sebagian orang, ketika hal ini tidak diatur dengan baik, dapat membuat mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja. Selalu ingatkan diri untuk membagi waktu anda, khususnya apabila anda sudah berkeluarga. Gunakan waktu kerja fleksibel yang anda dapatkan di rumah untuk berkumpul bersama keluarga. Apabila anda tinggal sendiri, anda juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkaya pengetahuan anda dengan mengikuti kelas online ataupun menonton video yang memiliki nilai edukasional.