LOADING
29/11/19
5 Manfaat Maca Bagi Kesehatan
Jurnal sebelumnyaJurnal Berikutnya
Herbamojo

Sebagai salah satu dari tujuh bahan utama Herbamojo, maca diketahui sebagai superfood dalam dunia kesehatan. Hal ini cukup jelas, mengingat maca memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Ia merupakan sumber karbohidrat yang baik, lemak, serta protein dengan kandungan 20 jenis asam amino yang bermanfaat bagi perbaikan otot. Selain itu, maca juga memiliki kandungan berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin C, B6, copper, zat besi, potassium, serat, dan mangan, yang bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, pada jurnal minggu ini, kami akan membahas beberapa manfaat kesehatan yang dapat anda peroleh apabila mengonsumsi maca secara rutin.

  1. Meningkatkan energi Kandungan karbohidrat yang tinggi pada maca dapat membantu tubuh mendapatkan energi secara alami. Tidak seperti kafein, konsumsi maca dapat membantu anda tetap bertenaga sepanjang hari tanpa penurunan energi yang berarti. Itu artinya, anda dapat tetap fokus pada pekerjaan dan tidak merasa cepat lelah setelah beraktivitas seharian penuh. Selain itu, kandungan flavonoid pada maca dapat membantu memperbaiki mood dan mengurangi rasa gelisah. Studi telah menunjukkan bahwa maca dapat membantu performa atlit yang mengonsumsinya secara rutin.
  2. Menangkal radikal bebas Banyak faktor yang memperbanyak persebaran radikal bebas, seperti polusi, asap rokok, konsumsi alkohol, stress, sinar matahari, maupun gaya hidup yang kurang sehat dapat merusak sel-sel tubuh apabila anda terekspos dalam jangka waktu yang lama. Hal ini juga dapat mengakibatkan inflamasi, yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyakit kardiovaskuler, diabetes, hingga kanker. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dan suplemen yang kaya antioksidan dapat membantu anda melawan radikal bebas. Konsumsi maca juga dapat membantu melawan radikal bebas karena kandungannya dapat meningkatkan produksi antioksidan alami dalam tubuh, seperti glutathione.
  3. Memperbaiki libido Maca terkenal sebagai afrodisiak di negara-negara asalnya di Amerika Selatan. Hal ini bukan tidak mendasar, karena maca dapat membantu meningkatkan kesehatan dan vitalitas pria. Studi telah menunjukkan bahwa maca dapat membantu memperbaiki fungsi reproduksi pria, termasuk pria yang memiliki disfungsi ereksi. Konsumsi maca secara rutin dapat membantu memperbaiki tingkat libido, kesehatan prostat dan fungsi sperma pada berbagai usia laki-laki. Oleh karena itu, maca banyak dikonsumsi pria untuk menjaga kesehatan reproduksi dan meningkatkan fertilitas.
  4. Menyeimbangkan hormon dan memperbaiki mood Banyak faktor eksternal dan gaya hidup yang dapat mempengaruhi ketidakstabilan hormon, yang tentunya dapat mengganggu kesehatan fisik maupun kestabilan mood. Maca dapat menjadi alternatif untuk mengatasi hal ini karena tanaman herba tersebut termasuk dalam kategori adaptogen, dimana dapat membantu tubuh mengatasi stress. Konsumsi maca secara teratur dapat memperbaiki sistem endokrin yang memproduksi hormon, dan hal ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, kebiasaan tidur, serta mood. Sistem endokrin yang seimbang berarti tingkat hormon yang juga seimbang, kebiasaan tidur yang teratur, serta mood yang tidak mudah berubah-ubah. Riset juga menunjukkan bahwa maca dapat meningkatkan dopamine dan noradrenaline, dua faktor yang terhubung dengan pusat reward di dalam otak manusia.
  5. Menjaga kesehatan otak Kandungan antioksidan yang tinggi pada maca juga dapat membantu anda menjaga kesehatan otak karena antioksidan bekerja untuk melawan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Konsumsi maca secara teratur juga berhubungan dengan kemampuan kognitif yang meningkat serta perbaikan daya ingat.